Trial And Eror

Knowledge Is Free..!
Start Working Smart, Not Hard
Start Sharing, Not Selling

Tuesday, 14 June 2016

Inilah Cara Yang Bisa Ditempuh Untuk Membangun Generasi Pintar


Seperti yang agan rasakan sekarang, jaman udah makin canggih sehngga persainganpun semakin ketat. Banyak yang ngerasa kalah karena nggak siap ngadepin perkembangan dan persaingan dunia kerja, terlebih lagi dalam waktu dekat era MEA bakal merapat ke Indonesia yang mau ga mau agan harus siap bersaing. Ini sih baru sekarang, di era mendatang mungkin juga bakalan lebih dahsyat sehingga generasi selanjutnya dituntut menjadi generasi yang pintar dan bisa bersaing. Dan ngomongin generasi selanjutnya, sudah saatnya sekarang agan yang punya adik, atau agan yang udah pada punya anak juga wajib mulai menyiapkan generasi yang pintar

Gimana Yah Caranya Menyiapkan Generasi Yang Pintar? 

Untuk nyiapin generasi yang pintar ada beberapa hal yang bisa ditempuh, tentu ini juga tak bisa lepas dari peran serta guru, lingkungan, dan agan sebagai kakak/orang tua di rumah. Ini dia cara membangun generasi pintar, cekidot!

1. GURU YANG BERMUTU

Kita mendapatkan bekal pengetahuan dari ilmu yang diajarkan oleh para guru di sekolah, tempat kursus ataupun tempat lainnya. Maka untuk menyiapkan generasi yang pintar, guru juga memiliki peran penting banget gan, yaitu guru yang bermutu dalam mengajarkan berbagai materi pembelajaran untuk siswa-siswinya. Apalagi sekarang ini banyak materi atau konten pendidikan yang bisa dengan mudah didapatkan ketika membeli sebuah perangkat laptop.

2. METODE PEMBELAJARAN YANG FUN

Mungkin agan pernah ngalamin belajar tapi susah masuk, dan ngerasa terkesan jenuh. Mungkin saatnya agan terapin metode pembelajaran yang menyenangkan pada adik ataupun anak di rumah. Belajar yang menyenangkan bisa dipadukan dengan menggunakan berbagai materi yang sudah disentuh teknologi, misalkan agan dengan materi berupa multimedia seperti audi video, ataupun dalam bentuk animasi. Konten-konten pendidikan seperti ini sangat efektif sehingga mampu menciptakan proses belajar yang fun sehingga anak-anak bisa dengan mudah menyerap materi dan menjadikannya generasi yang smart.

3. MENCIPTAKAN GENERASI YANG HAUS AKAN ILMU

Kalau ngomongin ilmu pengetahuan pastinya setiap saat bakalan terus berkembang seiring perkembangan jaman. Masalahnya apakah setiap generasi ini bisa beradaptasi dengan perkembangan itu? Ini jadi tugas agan dan para tenaga pendidik untuk selalu menyiapkan generasi yang haus akan ilmu pengetahuan.

Untuk bikin generasi yang haus akan pengetahuan, agan sebagai orang tua dan kakak wajib juga ikut ngedukung dengan memberikan berbagai stimulan dan materi pembelajaran yang edukatif dan ngebuat semangat belajar anak-anak ini jadi lebih penasaran dan kepingin tau banyak.

4. NGEDUKUNG POTENSI YANG DIMILIKI ANAK - ANAK

Setiap anak pastinya kan ga semua itu punya minat yang sama gan, terkadang adik agan juga gitu kan? Ada yang lebih senang ngoprek mainan, ada yang lebih suka menggambar, atau bahkan mungkin ada yang lebih suka bermain-main dengan cat sekalipun. Sebenarnya ini juga bisa diarahin agar menjadi generasi pintar di masa selanjutnya gan, sekarang tinggal giliran agan untuk bisa ngedukung potensi yang dimiliki sang anak/adik untuk menjadi ke arah yang lebih baik. Mungkin salah satunya adik agan lebih demen bermain dengan warna, agan bisa dukung potensinya yang doi miliki untuk jadi lebih baik.

5. BEKALI ILMU AGAMA

Inilah dari semuanya yang paling penting, Agama dari segi etimologi terdiri atas dua kata dari bahasa sansekerte yaitu A dan Gama. A berarti tidak dan Gama itu berarti kacau jadi agama adalah tidak kacau. Agama pada dasarnya adalah sikap dasar manusia yang seharusnya kepada Tuhan (Allah SWT).

Pernahkah kita melihat ada seseorang yang pintar tapi keblinger tak mengerti AGAMA, yah pasti adalah. Generasi penerus kita harus mengerti AGAMA biar tidak keblinger / kacau dalam hidupnya.

Dalam mendidik Anak ada contoh yang tertuliskan di Al Qur'an.

Kita ambil dari surah Al Luqman

1. Pertama memberikan ilmu tentang Janganlah mempersekutukan Allah SWT
.
وَإِذْ قَالَ لُقْمٰنُ لِابْنِهِۦ وَهُوَ يَعِظُهُ ۥ  يٰبُنَىَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ  ۖ  إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ
Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, ketika dia memberi pelajaran kepadanya, "Wahai anakku! Janganlah engkau menyekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah adalah benar-benar kezaliman yang besar."
[QS. Luqman: Ayat 13]

2. Kedua agar berbuat baik kepada Orang Tua

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسٰنَ بِوٰلِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ ۥ  وَهْنًا عَلٰى وَهْنٍ وَفِصٰلُهُ ۥ  فِى عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِى وَلِوٰلِدَيْكَ إِلَىَّ الْمَصِيرُ
Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.
[QS. Luqman: Ayat 14]

Dan masih banyak lagi dari surah Qur'an yang dapat kita ambil pelajaran.
Inilah Cara Yang Bisa Ditempuh Untuk Membangun Generasi Pintar
Item Reviewed: Inilah Cara Yang Bisa Ditempuh Untuk Membangun Generasi Pintar 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Translate

Copyright © Trial And Eror | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com