Trial And Eror

Knowledge Is Free..!
Start Working Smart, Not Hard
Start Sharing, Not Selling

Thursday, 1 January 2015

Membuat Jam menggunakan Canvas dan Javascript

Example :
<!DOCTYPE html>
 <html>
 <body>
 <canvas id="canvas" width="400" height="400" style="background-color:#333"> </canvas> <script>
 var canvas = document.getElementById("canvas");
 var ctx = canvas.getContext("2d");
 var radius = canvas.height / 2;
 ctx.translate(radius, radius);
 radius = radius * 0.90
setInterval(drawClock, 1000);

 function drawClock() {
  drawFace(ctx, radius);
  drawNumbers(ctx, radius);
  drawTime(ctx, radius);
}

 function drawFace(ctx, radius) {
  var grad;
  ctx.beginPath();
  ctx.arc(0, 0, radius, 0, 2*Math.PI);
  ctx.fillStyle = 'white';
  ctx.fill();
  grad = ctx.createRadialGradient(0,0,radius*0.95, 0,0,radius*1.05);
  grad.addColorStop(0, '#333');
  grad.addColorStop(0.5, 'white');
  grad.addColorStop(1, '#333');
  ctx.strokeStyle = grad;
  ctx.lineWidth = radius*0.1;
  ctx.stroke();
  ctx.beginPath();
  ctx.arc(0, 0, radius*0.1, 0, 2*Math.PI);
  ctx.fillStyle = '#333';
  ctx.fill();
}

function drawNumbers(ctx, radius) {
  var ang;
  var num;
  ctx.font = radius*0.15 + "px arial";
  ctx.textBaseline="middle";
  ctx.textAlign="center";
  for(num = 1; num < 13; num++){
    ang = num * Math.PI / 6;
    ctx.rotate(ang);
    ctx.translate(0, -radius*0.85);
    ctx.rotate(-ang);
    ctx.fillText(num.toString(), 0, 0);
    ctx.rotate(ang);
    ctx.translate(0, radius*0.85);
    ctx.rotate(-ang);
  }
}

 function drawTime(ctx, radius){
    var now = new Date();
    var hour = now.getHours();
    var minute = now.getMinutes();
    var second = now.getSeconds();
    //hour
    hour=hour%12;
    hour=(hour*Math.PI/6)+
    (minute*Math.PI/(6*60))+
    (second*Math.PI/(360*60));
    drawHand(ctx, hour, radius*0.5, radius*0.07);
    //minute
    minute=(minute*Math.PI/30)+(second*Math.PI/(30*60));
    drawHand(ctx, minute, radius*0.8, radius*0.07);
    // second
    second=(second*Math.PI/30);
 
drawHand(ctx, second, radius*0.9, radius*0.02);
}

 function drawHand(ctx, pos, length, width) {
    ctx.beginPath();
    ctx.lineWidth = width;
    ctx.lineCap = "round";
    ctx.moveTo(0,0);
    ctx.rotate(pos);
    ctx.lineTo(0, -length);
    ctx.stroke();
    ctx.rotate(-pos);
}
 </script>
 </body>
 </html>

Related Posts:

  • Membuat Jam menggunakan Canvas dan Javascript Example : var canvas = document.getElementById("canvas"); var ctx = canvas.getContext("2d"); var radius = canvas.height / 2; ctx.translate(radius, radius); radius = radius * 0.90 setInterval(drawClock, 1000); function … Read More
  • Script Print Halaman WEB Bedasarkan Bagian yang dimau menggunakan Javascript Disini saya akan membagikan Cara Print Halaman WEB atau Script Print Halaman WEB. Anda mungkin sudah berada di halaman web dan ingin mencetak halaman untuk referensi nanti. Bukankah lebih besar untuk dapat memberikan p… Read More
  • Javascript popup box JavaScript adalah bahasa pemrograman web. Semua halaman HTML modern menggunakan JavaScript. JavaScript mudah dipelajari. Blog ini akan mengajarkan Anda JavaScript dari dasar hingga lanjutan. Disini saya akan memberikan … Read More
no image
Item Reviewed: Membuat Jam menggunakan Canvas dan Javascript 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

1 comment:

Followers

Translate

Copyright © 2025 Trial And Eror | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com